Kamis, 15 September 2011

hukum aufaq/ajimat


Banyak kita baca artikel di dunia maya tentang hukum aufaq/ajimat bahwa itu haram dan syirik. Bagi kita sudah tak asing lagi siapa pihak yang suka menghukumi syirik, ya tak lain adalah pihak golongan yang sudah cukup kita kenal,,,Nah bagaimanakah sebenarnya pandangan ulama Ahlus sunnah tentang ilmu aufaq ini, karena banyak kitab yang dikarang khusus tentang uafaq?

Jawab:

Imam Ibnu Hajar Al Haimaty yang merupakan bintang ulama pada masa beliau, kitab beliau menjadi rujukan utama dalam mazhab syafii yang telah beliau bedah dihadapan ribuan para ulama, beliau menjawab dalam kitab Fatawy Hadistiyah hal 1yang intinya : dibolehkan bila dipergunakan pada hal yang mubah dan diharamkan bila dipergunakan pada hal yang haram. Maka pendapat Imam Al Qurafy yang menyatakan bahwa ilmu aufaq termasuk dalam bagian sihir dimaksudkan bila dipergunakan pada hal yang diharamkan.


Referensi


Fatawy Hadistiyah hal 1, Imam Ibnu Hajar Al Haitamy Cet. Dar Fikr



وسُئل فسح الله في مدته : ما حكم علم الأوفاق ؟

فأجاب نفع الله بعلومه : بأن علم الأوفاق يرجع إلى مناسبات الأعداد وجعلها على شكل مخصوص ، وهذا كأن يكون بشكل من تسع بيوت مبلغ العدد من كل جهة خمسة عشر ، وهو ينفع للحوائج وإخراج المسجون ووضع الجنين وكل ما هو من هذا المعنى وضابطه بطد زهج واح ، وكان الغزالي رحمه الله يعتني به كثيراً حتى نسب إليه ولا محذور فيه إن استعمل لمباح بخلاف ما إذا استعين به على حرام ، وعليه يحمل جعل القرافي الأوفاق









Share/Bookmark

Artikel yang berkaitan



0 komentar:

Posting Komentar

komentar anda?