Sabtu, 21 November 2009

SHALAT DHUHA DAN SHALAT TAHAJJUD

SHALAT DHUHA

Waktu Ikhtiyar untuk Shalat Dhuha adalah setelah berlalu seperempat waktu siang. Jumlah raka`at Shalat Dhuha paling sedikit dua raka`at dan paling banyak dua belas raka`at. Disunatkan membaca surat asy-Syams pada raka`at pertama dan adh-Dhuha pada raka`at kedua, ada juga yang berpendapat pada raka`at pertama disunatkan membaca surat al-Ka_firun dan al-Ikhlash pada raka`at kedua.

DALIL SHALAT DHUHA
1. Firman Allah, surat ash-Sha_d ayat 18 ;
يسبحن بالعشى والإشراق
Artinya : … mereka bertashbih kepada Allah di waktu sore dan waktu isyraq.
Untuk penjelasan ayat ini Ibnu `Abbas mengatakan bahwa yang dimaksud dengan Shalat Isyraq adalah Shalat Dhuha.
2. Hadits Rasulullah s.a.w.
روى الشيخان عن أبى هريرة رضى الله عنه قال أوصانى خليلى صلى الله عليه وسلم بثلاث صيام ثلاثة أيام من كل شهر وركعتى الضحى وأن أوتر قبل أن أنام
Artinya : Imam Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan dari Abi Hurairah r.a., beliau berkata : Kekasihku s.a.w. memberiku wasiat dengan tiga hal; 1. Puasa selama tiga hari dalam setiap bulan. 2. Dua raka`at Shalat Dhuha. 3. Berwitir sebelum tidur.
روى أبو داود أنه صلى الله عليه وسلم صلى سُبحة الضحى ثمانى ركعات وسلم من كل ركعتين
Abu Daud meriwayatkan bahwa Rasulullah mengerjakan Shalalt Dhuha sebanyak delapan raka`at dan setiap dua raka`at beliau ber-salam.

FADHILAH SHALAT DHUHA
al-Quthb al-Ghauts al-Habib Abdullah al-Hadad berkata dalam kitab an-Nasha_ih :
قال عليه السلام يصبح على كل سلامى من أحدكم صدقة وكل تسبيحة صدقة وكل تحميدة صدقة وكل تـهليلة صدقة وكل تكبيرة صدقة وأمر بالمعروف صدقة ونهى عن المنكر صدقة ويجزئ من ذلك ركعتان يركعهما من الضحى.
Artinya : Rasulullah s.a.w. bersabda; dijadikan setiap persendian kamu sebagai sedekah, setiap sekali tasbih sebagai sedekah, setiap sekali tahmid sebagai sedekah, setiap satu tahlil sebagai sedekah, setiap satu raka`at sebagai sedekah, menyuruh kepada kebaikan sebagai sedekah, melarang perbuatan tercela sebagai sedekah. Semua fahala tersebut sebanding dengan fahala dua raka`at Dhuha.
قال عليه السلام من حافظ على شفعة الضحى غفرت له ذنوبه ولو كانت مثل ذبد البحر
Artinya : Rasulullah s.a.w. bersabda; Barang siapa yang selalu mengerjakan dua raka`at Shalat Dhuha maka akan diampuni semua dosanya walaupun sebanyak buih di lautan.
عن أبى هريرة رضى الله عنه أن فى الجنة بابا يقال له الضحى فاذا كان يوم القيامة نادى مناد أين الذين كانوا يدومون على صلاة الضحى هذا بابكم فادخلوه برحمة الله (رواه الطبرانى)
Artinya : Diriwayatkan dari Abi Hurairah r.a. Sesunguhnya di dalam Syurga terdapat sebuah pintu yang dinamai dengan ad-Dhuha. Pada hari kiamat terdengar suara yang memanggil ”Dimana orang-orang yang selalu mengerjakan Shalat Dhuha..! Ini adalah pintu untuk kamu, masuklah kedalamnya dengan Rahmat Allah. (H.R. ath-Thabrani)
روى الديلمى عن عبد الله بن جراد المنافق لا يصلى الضحى ولا يقرأ قل يأيها الكافرون.
ad-Dailamy meriwayatkan dari `Abdullah bin Jarrad : Munafiq tidak mengerjakan Shalat Dhuha dan tidak membaca surat al-Ka_firu_n.
عن أبى ذر رضى الله عنه قال النبى صلى الله عليه وسلم إن صليت الضحى ركعتين لم تكتب من الغافلين أو أربعا كتبت من المحسنين أو ستا كتبت من القانتين أو ثمانيا كتبت من الفائزين أو عشرا لم يكتب عليك ذلك اليوم ذنب أو ثنتى عشرة بنى الله لك بيتا فى الجنة (رواه البيهقى)
Dari Abi Hurairah r.a. Rasulullah s.a.w. bersabda jika engkau mengerjakan Shalat Dhuha sebanyak dua rak`at maka engkau tidak akan ditulis dalam golongan orang-orang yang lalai. Atau engkau kerjakan enam raka`at maka engkau akan dituliskan dalam golongan qa_niti_n (orang-orang yang taat) atau delapan raka`at maka engkau akan dituliskan dalam golongan fa_izi_n (orang-orang yang mendapat kemenangan) atau sepuluh raka`at maka tidak akan dituliskan dosamu pada hari tersebut atau dua belas raka`at maka Allah akan membangun sebuah mahligai untukmu di dalam syurga. (H.R. al-Baihaqi)

SHALAT TAHAJJUD

Shalat Tahajjud adalah Shalat sunat malam yang dikerjakan setelah tidur. Shalat Tahajjud sangat disunatkan pada paruh malam yang akhir dan lebih utama dilaksanakan pada waktu sahur, tidak ada batasan jumlah raka`atnya.
DALIL SHALAT TAHAJJUD
1. Ijma` Ulama Kompeten
2. Firman Allah Surat al-Muzammil ayat 20 :
ومن الليل فتهجد به نافلة لك
Artinya : “… dan diantara malam itu, bertahajjudlah engkau sebagai `ibadah sunat bagimu... ”
FADHILAH SHALAT TAHAJJUD
قال عليه الصلاة والسلام أفضل الصلاة بعد المكتوبة صلاة الليل
Rasulullah s.a.w. bersabda : Shalat yang paling afdhal setelah Shalat Fardhu adalah Shalat malam (Tahajjud).
قال عليه الصلاة والسلام عليكم بقيام الليل فإنه دأب الصالحين قبلكم وقربة لكم ومكفرة للسيئات ومنهاة عن الاثم ومطردة للداء عن الجسد
Rasulullah s.a.w. bersabda : Kerjakanlah shalat malam karena shalat malam itu merupakan kesungguhan (perbuatan yang sangat digemari) orang shalih sebelum kamu, Shalat malam juga menjadi qurbah (mendekatkan diri) bagi kamu, menjadi penembus terhadap dosa-dosa, menjadi pemelihara dari dosa dan juga menjadi penawar dan obat bagi penyakit yang ada ditubuh.
قال عليه الصلاة والسلام أيها الناس افشوا السلام وأطعم الطعام وصلوا الأرحام وصلوا بالليل والناس نيام تدخلوا الجنة بسلام
Rasulullah s.a.w. bersabda : Wahai manusia tebarkanlah salam, berikanlah makanan, sambunglah silaturrahmi, shalat malamlah padahal manusia sedang terlelap maka engkau akan masuk syurga dengan selamat.
قال عليه الصلاة والسلام يحشر الناس فى صعيد واحد فينادى مناد أين الذين كانت تتجافى جنوبهم عن المضاجع فيقومون وهم قليل فيدخلون الجنة بغير حساب
Rasulullah s.a.w. bersabda : (pada hari qiyamat) seluruh manusia dikumpulkan pada satu tempat, kemudian terdengarlah sebuah seruan : dimanakah orang-orang yang lambungnya jauh dari tempat tidurnya? Maka berdirilah mereka dengan jumlah yang sedikit kemudian mereka masuk syurga tanpa terlebih dahulu diperiksa amalannya.

روى أن الجنيد رؤى فى المنام فقيل له ما فعل الله بك فقال طاحت تلك الإشارات وغابت تلك العبارات وفنيت تلك العلوم ونفدت تلك الرسوم وما نفعنا الا ركيعات كنا نركعها عند السحر

Diriwayatkan bahwa seseorang bermimpi bertemu dengan al-Junaid (setelah meninggal) maka orang tersebut bertanya kepada al-Junaid : ” Bagaimana keputusan Allah kepadamu?” maka al-Junaid menjawab : “Hilang semua nasehat, lenyap seluruh ta`bir, sia-sia semua ilmu (maksudnya, beliau tidak memperoleh fahala dari amal tersebut) aku tidak mendapat satu mamfaatpun kecuali dari beberapa raka`at yang aku kerjakan pada saat sahur (Shalat Tahajjud).

Share/Bookmark

Artikel yang berkaitan



0 komentar:

Posting Komentar

komentar anda?