Sabtu, 22 Januari 2011

Donwload Kitab Syuruh Talkhish

Bagi para santri rasanya sudah tak asing dengan kitab Jauhar Maknun karangan Syeikh Al Alllamah Abdurrahman Al Akhdhary, kitab ini menjadi pegangan wajib di pesantren di seluruh Indonesia untuk memahami ilmu balaghah. Kitab jauhar maknun berbentuk nadham buhur rajaz, merupakan ringkasan dari kitab Talkhis Al Miftah karangan Khatib Qazwainy. Kitab Talkhish Miftah merupakan ringkasan dari kitab Al Miftah bagian ke tiga yang menerangkan tentang ilmu balaghah, bagian pertama kitab Al Miftah tersebut menerangkan tentang ilmu nahu, sharaf dan isytiqaq sedangkan pada bagian kedua As Sukaky menjelaskan ilmu Arudh, Qawafy dan mantiq.

Kitab jauhar maknun disyarah oleh beberapa ulama terkemuka diantaranya yang merupakan yang paling populer dikalangan santri adalah kitab Syarah Hilyah Al Lubb Al Mashun karangan syeikh Abdurrahman Ad Damanhury yang kemudian diberi komentar oleh Syeikh Makhluf bin Muhammad Al Badawy Al Manyawy.

Bagi santri yang ingin memahi secara mendalan tentu saja tidak akan pusa hanya dengan satu syarah, biasa para santri akan berusaha mencari kitab-kiatb lain yang masih berhubungan dengan satu kitab sebagai penunjang untuk menambah pemahaman satu masalah yang ada dalam satu kitab.

Dalam hal memahami kitab jauhar maknun akan sangat terbantu dengan adanya beberapa syarah lainnya. Nah salah satu kitab yang bisa membantu adalah kitab syuruh talkhis. Seperti namanya, kitab syuruh talkhis merupakan kumpulan syarah-syarah kitab talkhis yang dicetak secara bersamaan. Terdiri dari beberapa kitab yaitu :

1. Mukhtashar karangan Sa`duddin At Taftazany `ala Talkhish Miftah
2. Mawahib Al Miftah fi talkhish miftah karangan Ibnu Ya`qub Al Maghriby
3. `Urus Afrah fi Syarah Talkhish Miftah karangan Bahauddin Subky
4. Al Idhah karangan mushannif Al Miftah sendiri, Khatib Qazwainy. Kitab ini bagaikan syarah bagi Al Miftah.
5. Hasyiah Ad Dusuqy `ala Syarah sa`duddin

Semua kitab tersebut dicetak dalam satu cetakan dengan empat jilid besar, sehingga memudahkan bagi para pelajar untuk muthala`ahnya. Kitab ini menjadi incaran bagi para santri yang ingin memahami jauhar maknun, namun kitab ini juga sangat langka. Kami telah berusaha mencarinya, bahkan pernah memesannya hingga ke surabaya, namun tidak ditemukan. Akhirnya saya mengambil inisiatif untuk mengcopynya, keuntungannya lebih irit , walaupun kualitas lebih rendah.

Nah sekarang bagi yang ingin mendonwload kitab tersebut silahkan donwload disini, semoga bermanfaat.


Atau di SINI

Share/Bookmark

Artikel yang berkaitan



3 komentar:

maxi mal mengatakan...

gak bisa di donlot kang.. mohon di revisi lagi dong.. hehe

maxi mal mengatakan...

wktu proses donlot nya itu tidak terhubung

Mursyid mengatakan...

terima kasih atas infonya..

Kitab ini kamu upload di ziddu sudah lama, dan kamipun tidak pernah memeriksanya lagi. download di ziddu memang agak ribet..

sekarang kami tampilkan libk donwload lain yang baru..silahkan di coba...

Posting Komentar

komentar anda?