Kamis, 17 Mei 2012

Download Kitab Al-`Awaid Diniyah Fi Talkhish Fawaid Madaniyah



 Telah menjadi kegemaran saya semenjak dulu mengoleksi berbagai macam kitab para ulama. Setiap kali mendapatkan kitab yang bagus saya akan berusaha untuk mendapatkannya. Bahkan saya berusaha mencari beberapa kitab yang disebutkan didalam beberapa kitab lain. Ketika saya berkenalan dengan dunia maya kesukaan saya ini semakin mendapat bantuan. Di dunia maya akhirnya saya menenukan berbagai macam kitab klasik yang sangat sulit ditemukan di alam nyata. Salah satu kegemaran saya ketika online adalah mencari kitab-kitab di dunia maya yang tiada batas. 

Kitab-kitab yang menjadi incaran saya adalah yang berformat PDF, karena akan memudahkan untuk dicetak. Saat ini saya telah mendownload ratusan kitab-kitab pdf terdiri dari berbagai macam disiplin ilmu. Beberapa diantaranya telah saya cetak untuk pribadi, seperti Risalah Kubra Fil Basmalah Imam Shabban, Risalah Bayaniyah Ash-Shabban, Faraidul Fawaid karya Imam Al-Manawy, Fathul Jawad Ibnu Hajar Al-Haitamy, Ma`na Qaul Imam Al-Muthalliby Iza Shahha Hadits fahuwa Mazhaby karya Imam Subky, Fadhl al-Mauhaby fi Ma`na Iza Shahha Hadits fahuwa Mazhaby karya Imam Ahmad Ridha Al-Qadiry, Hasyiyah ad-Dusuqy `ala syarah Risalah Adhudiyyah karya Imam Ad-Dusuqy, Itqanus Shun`y fi Syarh Risalah Wadha` karya Imam Muhammad Sa`id Al-Jazairy, Fatawa Imam Ghazaly, Fatawa Izzuddin bin Abdis Salam, Fathul `Aly karya Sayyid Umar Habib Ba`alawy, Hasyiah ash-Shabban `ala Samarqandi dll. Insya Allah kalau Allah berikan kemudahan rizki akan saya cetak beberapa kitab bagus lain yang telah saya download. 


 Salah satu kitab yang telah lama saya cari adalah kitab Fawaid Madaniyah karangan Imam Sulaiman Kurdy. Kitab ini menerangkan perihal khilafiyah para ulama muta`akhirin Asy-Syafi`yyah seperti Imam Ibnu Hajar dan Imam Ramly. Para ulama mengatakan bahwa kitab ini belum ada tandingannya. Nama kitab ini kita temukan dalam beberapa kitab para ulama Syafiyyah kemudian seperti kitab Hasyiah I`anatuth Thalibin, Kitab Fawaid Makkiyyah, Hasyiah Syarwany `ala Tuhfatul Muhtaj, Bughyatul Mustarsyidin, dan Sullam Muta`allim. Namun saat ini kitab ini sangat langka, sampai sekarang saya belum menemukan kitab tersebut baik naskah nya maupun file nya kecuali hanya sebuah file pdf manuskrip tulisan tangan yang sulit untuk dibaca. Bagi yang berminat dengan file manuskrip tersebut silahkan download di SINI 


 Saya sempat mencoba menghubungi beberapa teman yang ada di luar negri seperti Yaman, Saudi Arabia, Sudan supaya mencoba mencari kitab tersebut. Namun belum ditemukan. Bahkan salah seorang guru saya yang baru san pulang dari Yaman mengatakan bahwa di Yaman sendiri beliau tidak juga menemukan kitab tersebut, yang ada di sana hanya manuskrip tulisan tangan sama persis dengan file yang saya miliki. Namun belakangan saya menemukan beberapa link penerbit kitab yang mengatakan bahwa mereka telah menerbitkan kitab ini diantaranya http://www.nourssabah.com dan juga  di http://www.neelwafurat.com saya berusaha menanyakan kepada beberapa kawan bagaimana cara membelinya secara online, tetapi terkendala dengan kredit card nya. Sayapun berusaha mencoba memesannya dari salah satu toko kitab ternama di pulau jawa melalui kawan saya. Semoga saja Allah akan memudahkan saya untuk mendapatkan kitab tersebut...Amiin. 


 Kitab Fawaid Madaniyah di ringkas oleh seorang ulama negri Malibar, India Syeikh Syihabuddin Abi Sa`adat Ahmad Koja bin Ali Asy-Syaliyaty Al-Malibary Asy-Syafii Al-Asy`ary Al-Qadiry (1884 M-1954 M) dengan nama al-`Awaid ad-Diniyyah fi Talkhish al-Fawaid ad-Diniyyah fi Bayan Man Yufta bi Qaulihi min Mutaakhkhiri Saadah Syafi`yyah. Mengetahui hal tersebut saya berusaha mencari di internet mukhtashar tersebut. Alhamdulillah dengan RahmatNya saya temukan Mukhtasar tersebut dlm format PDF. Walaupun file ini bukan berasal dari scan atas kitab yang telah dicetak namun hanya file doc yang di format menjadi PDF. Tetapi bentuknya sudah siap cetak lengkap dengan tahqiqnya oleh Abdul Nashir Ahmad asy-Syafii al-Malibary tahun 2009 terdiri dari 336 halaman. Sedangkan kitab yang telah dicetak dijual secara online di http://www.neelwafurat.com Insya Allah kapan ada kemudahan rizki saya akan mencetaknya untuk pribadi. Nah siapa yang berminat dengan kitab yang berfaedah tersebut silahkan download di SINI atau klik aja tulisan arab nama kitab ini di muka postingan ini.

Share/Bookmark

Artikel yang berkaitan



0 komentar:

Posting Komentar

komentar anda?